Harap (an)



aku berharap-harap seandainya saja tuhan membaca status dan instastoryku
bukan kawan yang kemudian hanya menyinyiri keputusasaanku yang tidak sempurna itu
aku berharap-harap seandainya saja tuhan meredupkan sedikit sinar dari matahari
atau hujan yang terlalu deras
agar penjual es dan penjual jas hujan sama untungnya
hatiku terlalu ngilu saat bapakku berkata hidup itu selalu adil
bahkan kita sudah tidak punya cukup waktu untuk marah

aku berharap-harap agar aku tidak kehilangan diriku
karena aku lupa rasanya menangis sampai sesak dan tak bernapas
aku lupa bau dari halaman rumah
juga bagaimana caranya tertawa
pula lupa ada kebahagiaan yang hadir saat bersama teman atau keluarga
menutup mata pada kesenangan dari hal-hal kecil yang aku bangun
aku bahkan lupa kalau aku mencintaimu
aku lupa segala hal
termasuk lupa diri
karena aku suka sekali pergi untuk menyelamatkan diri sendiri

aku berharap-harap jika saja aku tidak berharap
bukan hanya pada manusia tetapi juga hatinya
meski kita sama-sama tak pernah saling terkesan

tapi aku berharap-harap semoga kamu tidak lupa
bahwa aku juga berusaha membuat kamu merasa seperti manusia
seperti kamu yang berusaha untuk selalu terlihat seperti manusia
berputus-putus asa memanggil tuhan dalam setiap kesempatan
dan entah mengapa suka sekali mengajari orang lain bagaimana caranya menjadi manusia