Lelaki Asing Tanpa Nama

Siapakah gerangan dirimu, hai Lelaki Asing Tanpa Nama?
Mengapa selalu mengikuti aku kemana aku pergi?
Lelaki yang memperhatikan aku saat aku bermain hujan,
atau saat aku melihat pohon - pohon kuning dan menciumi bau badannya.

Siapakah gerangan dirimu, hai Lelaki Asing Tanpa nama?
Mengapakah kamu tidak memiliki nama?
Dan setiap hari kamu selalu membaca tulisanku,
dan kamu berkata "sangat menarik".
Lalu mengapa tidak menjelaskan dirimu?

Lelaki ini, selalu menyempatkan dirinya,
sekedar mengirim surat pendek,
walau kosong.
menyempatkan dirinya hanya untuk mengirim ikan kecil
seraya berkata "apa kamu kehilangan sesuatu?"

Lelaki yang bernyanyi bersamaku
walau nada ini terdengar aneh
Ah, kamu ini siapa?
mengapa saat aku melukispun kamu ada dibelakangku?

gerak gerikku, bahkan bagaimana cara aku makan,
atau saat aku merokok.
Sikap yang aneh namun aku terhanyut
dan kamu hafal apa kebiasaanku

kita mulai dekat
dan aku merasakan kita satu
karena kita adalah bayangan.



Kota Imaji, 25 November 2011
Paus dan hitam