Bagaimana caranya menikmati hidup?

Dunia yang saya ciptakan, membuat diri saya sendiri bingung.
saya tidak berbicara dengan filosofi
hanya benar bahwa ada tekanan dibawah kepala saya
yang membuat saya merasa harus menghentikan semuanya

saya harus berhenti
entah benar atau tidak
bahkan walau saya tahu saya sudah melangkah setengah jalan, bahkan lebih
tekanan ini membuat hati saya pecah

jangan hidup dibawah tekanan seperti ini
lebih baik mati tidak terhormat
tekanan yang entah saya ciptakan atau diciptakan dunia
lucu sekali, mati karena tekanan
menyerah karena tekanan
kalian pasti tau siapa "tekanan"?
ya'kan?

jangan dibuatnya menyerah
seperti saya, bingung dan bimbang
sepertinya harus menyelesaikan semuanya
saya berjuang keras sampai darah menetes dihidung saya
tapi tekanan membuat saya bermental tempe
walau katanya makan tempe bukan berarti bermental tempe

hei! semoga tidak pernah dalam keadaan seperti ini
jangan seperti saya, ditekan dari segala arah
mati sesak nafas, menangis,
dan menyerah karena tekanan




Segala pisuhan manis untuk tekanan,
Kota Imaji, 30 oktober 2011
Paus